Januari 29, 2010

Sakau

Hello there, aku sedang ingin membicarakan salah satu hobiku: komik. aku suka sekali baca komik mungkin sejak kelas 1 SD dulu ayahku membelikan komik Jepang berjudul "Gen si Kaki Ayam" yang menceritakan perjuangan hidup seorang anak lelaki bernama Gen pasca-bom atom Hiroshima-Nagasaki.. komik yang bagus, menyentuh dan inspiratif.. kalo diingat2, itu sepertinya komik pertama yang aku baca.. selain itu ayahku juga membelikan komik2 seri tokoh dunia tau kan, yang ceritanya biografi tokoh2 dunia seperti Mozart, Michaelangelo, Hellen Keller, dll gambarnya rada wagu sih, tapi yang penting kan ilmunya sapa yang nemuin lampu, nemuin gravitasi, nyiptain lagu, bikin monalisa... tapi entah knapa gag ada biografi nyonya meneer ato nyonya soeharti gt... padahal nyonya meneer kan udah mecahin guiness world record dengan menjadi wanita yang tahan berdiri paling lama.. nyonya soeharti bahkan sudah menciptakan ayam goreng yang luar biasa... bagaimana mungkin mereka tidak termasuk tokoh dunia?? -kembali ke jalan yang benar- lalu aku mulai membaca komik2 populer Jepang, atau biasa disebut manga(g-nya 1) Awalnya Detektif Conan ow mai gawd aku masih ingat betapa aku dulu sangat menyukai komik itu.. sukaaaa banget sampe aku ngebayangin jadi salah satu tokoh di situ dan ikut dalam kasus2 itu sampe ceritanya kebawa2 mimpi lalu aku juga mulai baca shoujo manga (buat yang gag tau shoujo manga silakan cari di internet ato tanya orang di sebelah anda) kebanyakan gag jelas ceritanya, saking gag jelasnya aku sampe gag inget.. tapi dulu ada shoujo manga jadul judulnya Trouble Tonight (kalo gag salah) yang cukup asik dan berkesan.. mungkin itu shoujo manga pertamaku.. nah, lalu sekitar jaman SMP aku menemukan komik olahraga yang luar biasa judulnya Harlem Beat, ceritanya tentang basket (bola, bukan keranjang..gag lucu? memang) dan aku sssaaaaangaaaaaaattttt menyukainya!! komik itu sangat seru dan lucu dan asik dah pokoknya sekali baca gag bisa berhenti dan gag cuma aku, teman2 dekatku juga semua baca Harlem Beat (disingkat HB, jangan kebalik) dan dalam waktu yang lebih singkat daripada masa pemerintahan Habibie dan kecepatan cahaya (lebay), HB benar2 menjamur di kelas merasuk dalam benak kami memenuhi pikiran kami mempengaruhi setiap gerak-gerik kami dan membuat lebih dari separuh isi kelas kami ingin masuk ekskul basket termasuk saya, tentu saja kekuatan komik itu mengerikan tapi tetap saja itu cuma semangat di awal2.. dan ekskul basket gag bisa menerima murid sebanyak itu.. jadi ya..gitu deh... ujung2nya HB ya cuma jadi bacaan.. kami tidak bisa menjadi seperti Toru Naruse yang dengan modal bakat dan semangat tiba-tiba bisa air walk smacam Michael Jordan yang maen film sama Bugs Bunny itu.. setelah itu aku menemukan banyak sekali komik olahraga ada basket, sepak bola, tenis, voli, renang, tinju, baseball, american football, sampe catur dan mahjong pun ada.. biasanya komik olahraga itu lebay misalnya, pas si Tsubasa Ozawa, eh salah, Ozora itu nendang bola, bolanya bisa terbang dengan kecepatan 200 km/jam, nabrak si kiper sampe terlempar ke net gawang, bahkan merobek net gawangnya, bahkan menjebol dinding di belakangnya.. aku curiga jangan2 tembok berlin runtuh karena sebenarnya waktu itu Tsubasa Ozora lagi maen bola sama Michael Ballack n temboknya jebol gara2 tendangan macan si Tsubasa... buset dah lalu suatu hari aku dan teman2ku berandai2 kalo orang Indonesia bikin komik olahraga mungkin ceritanya tentang gobak sodor.. ato jek-jekan.. ato jamuran.. ato delikan.. (kenapa semua permainan tradisional jawa??) kalo aku pikir lagi sekarang, itu ide yang bagus lho, serius.. "kompetisi jek-jekan antar SMA"..."Interhigh jamuran"..."Christmas Bowl delikan"... wow, super tapi gag semua komik olahraga lebay kok..ada juga yang oke dan masuk akal misalnya Shanimuni Go! yang tentang tenis, ato Whistle yang tentang sepak bola.. tapi mungkin kalo dibikin lebay emang lebih lucu sih (menurutku) Lalu suatu hari di bangku SMP aku menemukan "Monsters" karangan Urasawa Naoki dan itu komik yang sangat bagus!! paling bagus, sejauh ini.. dan aku sangat menyesal karena terlambat mengoleksinya.. sekarang komik itu udah gag ada dimana2, padahal aku belum sempa ngoleksi semuanya.. zannen ne...ToT tapi sejak itu aku jadi fans Urasawa Naoki gambar bagus dan cerita unpredictable like this!! oh, dan aku juga masih setia mengikuti beberapa komik-yang-kayaknya-gag-bakal-tamat-sebelum-pengarangnya-mati itu, misalnya One Piece dan Naruto.. Conan termasuk dalam kategori itu, tapi sayangnya aku sudah bosan mampus sama Conan.. mungkin sampe aku punya anak 3 dan lagi hamil anak keempat tuh Shinichi masih kelas 2 SMA dan sama sekali gag ada perkembangan sama kelompok jubah hitam itu.. terlalu lama, Aoyama Gosho... kenapa aku masih ngikutin One Piece? seru sih, dan lucu, dan menyenangkan, dan imajinatif.. meskipun banyak kewaguan disana-sini, dimaafkan lah.. anggap aja sekedar senang2.. nah, aku kalo udah baca komik bisa lupa diri rasanya kalo udah mulai gag bisa berhenti selesai satu, lanjut yang lain, selesai, lanjut lagi.. gag berhenti sampe aku ketiduran ini penyakit serius yang kunamakan sakau komik.. artinya aku udah sampe taraf dimana kalo gag ada komik aku bisa menyayat2 tanganku sendiri (ngibul, tentu saja) tapi emang bener, sekali mulai baca aku bakal jadi addict pikiranku terus dipenuhi komik yang lagi kubaca dan aku gag konsen melakukan hal lain butuh keinginan yang kuat untuk menghentikannya.. makanya, kalo lagi kuliah ato banyak pe-er ato ujian aku berusaha untuk tidak menyentuh komik bisa2 sakau tidak pada waktunya.. serem, ya?! yah, asal komik yang kubaca memang komik bagus gag masalah kan? dan karena sekarang lagi libur aku mau sakau lagi.. merasakan betapa komik bisa lebih nikmat daripada kopi luwak (baca:eek luwak) yang harganya jutaan itu.. hhhmmmmmmhhh..... -pesam noral- adiktif terhadap sesuatu itu tidak bagus untuk kesehatan janin anda. thanks, good night, n sweet dream.. =]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar